Menu Sehat Warung Nasi Bakar 2 : Nikmat dan murah

dsc_3309psd.jpg 

SOLO-Kami memesan nasi bakar lalap teri, nasi bakar lalap belut, tempe penyet dilengkapi es lemon tea dan es campur. Yang dinamakan nasi bakar adalah satu porsi nasi yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas arang. Di dalam bungkusan nasi ini sudah dilengkapi dengan sambal dan lalapan daun pepaya yang diletakkan di pinggir-pinggirnya.. Sejumput teri goreng ditanam dalam nasi untuk menambah cita rasa gurih. Bayangkan betapa nikmat aroma nasi, sambal, daun papaya dan teri goreng yang dibakar jadi satu dalam bungkusan daun pisang. Sambal teri maupun lalapan belut yang kami minta disajikan terpisah dengan nasi. Semuanya dilengkapi dengan sambal dan lalapan

Kuatir tak dapat menahan air liur lebih lama lagi, kami segera menyantap hidangan. Tentunya dengan tangan atau  pulukan  kata orang Jawa. Supaya lebih afdol.

Hmmmm…..nyam nyam nyammmm….

Nasinya pulen dan aromanya itu lho..luar biasa. Setelah kami ‘jajah’ satu persatu, ternyata sambal yang ada di dalam bungkusan nasi punya cita rasa yang berbeda dengan sambal lalap maupun sambal tempe penyet. Masing-masing ada ciri khasnya. Pedas sih, tapi cocok dengan cuaca sore itu yang mulai hujan. Sambal teri dan belut gorengnya cukup nikmat. Terinya tidak hanya digoreng namun dibumbu manis pedas kemudian dicampur kacang goreng. Sedangkan belutnya cukup digoreng garing.

dsc_3304psd.jpg

Rasa minuman yang disajikan tidak ada yang sangat istimewa, standarnya sama dengan warung atau rumah makan yang lain. Namun penyajiannya cukup baik. Lemon tea  dihidangkan dalam gelas tinggi dengan irisan jeruk nipis di bibir gelas sementara es campurnya disajikan dalam mangkuk.

Nasi bakar 3 porsi, lalapan teri, lalapan belut, tempe penyet, 2 gelas es lemon tea dan semangkuk es campur, semuanya Rp 18.000. Oiya, tambah satu buah kerupuk. Wow ! Perut kenyang, kantung aman.

Patut untuk jadi referensi bukan? Kunjungi saja Pondok Jowi,  Jl Kasuari II no.1 Manahan, Solo. Kalau tersesat telpon saja nomornya, (0271)718513.

    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: