Lomba Melukis Aksara Jawa : Sebuah Usaha Pengenalan Tradisi Lokal

hlpelindung-panas.jpg

SOLO- Ratusan anak usia TK dan SD se Surakarta, Minggu(24/2) pagi rela berpanas-panas di Taman Hiburan Rakyat Sriwedari, Jl. Slamet Riyadi Solo, demi mengikuti Lomba Mewarnai dan Menggambar Kaligrafi Aksara Jawa. Lomba ini adalah salah satu dari rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solo yang ke-263 pada 17 Februari 2008..

Layaknya anak-anak di belahan dunia manapun, mereka sangat antusias dengan aksi coret moret di kertas ini. Mereka berekspresi dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan kontras satu sama lain. Oleh panitia lomba, para peserta memang dibebaskan menggambar dan mewarna dengan syarat lukisan harus mencantumkan aksara Jawa (hana caraka data sawala pada jayanya maga bathanga). Meski pesertanya adalah anak-anak, beberapa orang tua juga ikut asyik membantu dengan memegangi kertas, menyuapi makanan, memayungi bahkan ada juga yang ikut mewarna lukisan.

Selain lomba melukis aksara Jawa, Dinas Pendidikan dan Olahraga Solo sebagai penyelenggara juga mengadakan lomba tari Jawa dan lomba geguritan atau deklamasi dengan bahasa Jawa. Ketiga acara ini digelar bersamaan di Sriwedari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: